Resep Kue Dadar

Bahan Kue dadar (untuk membuat 4-5 kue dadar/ pancake)
  • 50 g tepung
  • Sedikit garam
  • ½ telur dikocok
  • 125 cm3 susu
Membuat adonan
  1. Ayak telur dan garam menjadi satu ke dalam basi pengocok. Lubangi di bagian tengah adonan tersebut (semacam sumur).
  2. Masukkan telur yang telah dikocok dan setengah jumlah susu ke dalam sumur tersebut. Dengan sendok kayu sedikit demi sedikit campurkan dengan tepung yang berada di sekitarnya, jangan sampai membentuk gumpalan. Pegang basi pengocok itu membentuk sudut kecil (miring), lalu kocok rata beberapa menit.
  3. Sedikit demi sedikit masukkan sisa susunya.
  4. Tutup basi dan biarkan di tempat dingin selama mungkin sebelum adonan dipakai.
  5. Menggoreng kue dadar
  6. Masukkan adonan itu ke dalam sebuah kendi kecil.
  7. Panaskan sedikit minyak dalam wajan datar kecil, seukuran satu kue dadar. Panaskan merata, lalu tuang lagi minyak itu ke tempat minyak.
  8. Wajan harus panas sekali, baru masukkan adonan sehingga membentuk adonan yang tipis, sambil memutar adonan itu sedemikian rupa sehingga adonan rata menutupi seluruh wajan. Biarkan sampai adonan bagian bawah berwarna kecokelat-cokelatan.
  9. Dengan menggunakan pisau palet, lepaskan bagian sisi kue dadar tersebut, lalu dengan lembut dorong bagian tengah bawah kue itu sehingga adonan itu terlepas dari wajan.
  10. Balik adonan itu dan goreng sisi lainnya.
  11. Angkat kue dadar dan letakkan di piring yang datar.
  12. Panaskan lagi wajan itu sebelum menggoreng kue berikutnya. (wajan tak perlu diberi minyak setiap kali). Kalau sekiranya kurang berminyak, maka bubuhkan sedikit minyak atau mentega yang dilelehkan ke dalam adonan.
Variasi Kue Dadar:
  1. Kue dadar lemon (lemon pancake): kue dadar yang sudah masak, diolsi dengan air jeruk lemon (jeruk nipis). Taburi dengan gula halus adu sendok makan, lalu digulung. Hidangkan di atas pisin dengan irisan jeruk sebagai hiasan.
  2. Kue dadar selai (jam pancake): kue dadar yang sudah masak diolesi dengan selai lalu digulug.
  3. Kue dadar pisang (banana pancake):  pisang dihaluskan dengan garpu, lalu masukkan ke dalam adonan kue dadar. Goreng seperti biasa.
  4. Kue dadar durian (durian pancake): haluskan ½ cangkir durian (dagingnya saja) dan masukkan ke dalam adonan kue dadar. Goreng seperti biasa.
  5. Kue dadar kurma (Date pancake): masak 75 g kurma yang sudah di potong kecil-kecil sampai lunak. Kalau perlu tambahkan gula. Dinginkan lalu masukkan dalam kue dadar. Goreng seperti biasa.
  6. Kue dadar kelapa (coconut pancake): tambahkan ½ cangkir air ke dalam parutan kelapa (kira-kira ½ kelapa kecil). Sisihkan lebih dulu 1 sendok makan parutan kelapa itu. Peras santan sekitar 125 cm3. Masukkan 1 s.makan kelapa parut yang disisihkan tadi ke dalam adonan dan sebagai gantinya susu pakailah santan tadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar