Resep Sirup

Bahan Sirup
  • 150 g gula batu
  • 150 g gula pasir
  • 750 cm3 (1 ½ pt air)
  • 2 daun pandan (cuci dan ikat)
Cara Membuat Sirup
  1. Tempatkan gula, air, dan daun pandan dalam panci saus.
  2. Didihkan, kecilkan api lalu biarkan bergejolak perlahan-lahan sampai gulanya hancur dan sirup agak mengental.
  3. Saring ke dalam baki dan biarkan dingin, pakai sesuai dengan kebutuhan.
Catatan: jumlah kira-kira sirup sesudah didinginkan adalah 500 cm3. Selalu encerkan lagi degan air dingin kalau hendak dihidangkan.


Variasi:
  1. Limun: peras air dari tiga lemon sesudah disisihkan beberapa iris untuk hiasan. Kuah ini satukan dengan sirup dingin (yang dibuat dengan menambahkan beberapa iris kulit lemon untuk mempertajam rasa). Dinginkan di lemari es. Kalau siap dihidangkan, tuang ke gelas, bubuhkan balok es, dan kaitkan sayatan jeruk di pinggir gelas.
  2. Sebagai pengganti jeruk peras dapat dipakai jeruk nipis.
  3. Minuman pepaya: kupas 1 pepaya kecil, potong kecil-kecil dan peras sarinya dengan menggunakan penggiling kentang, atau parut pepaya itu. Masukkan sari ini ditambah dengan sari ½ lemon ke dalam sirup dasar dingin dan bairkan dalam lemari es. Tuang ke gelas, masukkan balok es dan hias dengan irisan jeruk.

  4. Minuman nanas (pineaple crush): rebus dulu kulit dari ¼ nanas masak. Gunakan ini untuk membuat sirup dasar. Lalu parut sisa nanas, isi 1/3 bagian gelas dengan nanas ini. Bubuhi sirup dingin dan balok es.
  5. Minuman buah-buahan (fruit cup): siapkan sirup dasar, dengan ditambah parutan kulit jeruk lemon dan jeruk nipis (lemon=jeruk sitrun), lalu bubuhi sari jeruk nipis dan jeruk lemon (atau jeruk peras), kurang lebih 4 buah, tambahkan lagi 1 cangkir nanas parut, semuanya ke dalam sirup itu. Dinginkan dalam lemari es. Sebelum dihidangkan tambahkan air soda atau limun dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar