Mengenal Singkatan Dan Ukuran / Takaran Dalam Resep Masakan



1.    Singkatan

s. makan / sdm  = sendok makan
s. kue               = sendok kue (sendok sedang)
s. teh / sdt         = sendok teh
pt.                    = pint
Ib                     = pound
Oz.                   = ounce
g. / gr               = gram
kg.                   = kilogram
cm.                  = centimeter
cm3                 = centimeter kubik

Untuk ukuran volume cairan tidak digunakan ukuran liter sebagi unit satuan, tetapi ukuran cm3 , 1 cm3 = 1 ml, 1000 cm3 = 1 liter




2. Berat dan Ukuran
Jauh lebih mudah dan cepat mengukur makanan daripada menimbangnya, terutama apabila dalam jumlah yang kecil. Resep-resep yang mutakhir mempergunakan metode ini. Kalau tak tersedia timbangan, maka bahan-bahan bisa diukur dengan sendok, cangkir, dan sebagainya. Untuk mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan maka penimbangan dan pengukuran harus dilakukan seteliti mungkin.
    Satu sendok berarti satu sendok munjung. Jadi makanan di dalam sendok itu harus dimunjungkan di sebelah atas sendok itu sesuai dengan lengkung sendok itu sendiri di sebelah bawahnya, dan jumlahnya ini sesuai dengan dua sendok peres. Untuk mendapatkan satu sendok peres maka sendok itu kita isi dengan bahan yang bersangkutan, lalu didatarkan dengan sebuah pisau. Satu sendok peres sama dengan setengah jumlah satu sendok munjung. Untuk mendapatkan seperempat sendok munjung, maka kita ukur dahulu satu sendok peres lalu kita bagi menjadi dua di belahan panjang sendok itu, karena bagia ujung dan bagian dasar sebuah sendok memiliki kuantitas yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar