Resep Wedang Ronde

Resep Minuman Tradisional yang menghangatkan tubuh anda dikala udara dingin menusuk, Dengan rasa jahe yang menghangatkan, dengan dilengkapi kacang tanah dan bahan lainnya memberi sensasi tersendiri saat memakannya. Resep asli minuman herbal jawa ini sangat disukai berbagai kalangan karena sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

 Bahan Wedang Ronde :
    150 gr tepung ketan
    1/4 sendok teh garam
    135 ml air matng hangat
    Pewarna hijau (Jika diperlukan)
    Pewarna merah (Jika diperlukan)

 Bahan Isi Wedang Ronde :
    50 gr kacang tanah (sudah dikupas), goreng sangrai
    25 gr gula pasir
    1/8 sdt garam

Bahan wedang Jahe :
    2.000 ml air
    400 gr gula pasir
    400 gr jahe, dibakar, lalu digeprak/digepengkan
    1 sdt garam
    4 lbr daun pandan
    6 btg serai, digepengkan

Bahan Pelengkap :
    200 gr kolang-kaling rebus, diiris kecil-kecil
    3 buah roti tawar hilangkan kulitnya, potong kotak-kotak
    25 gr sagu mutiara merah

Cara Memasak Wedang Ronde :

    Isi Wedang Ronde :  blender hingga jadi potongan kasar campuran kacang tanah saat masih hangat setelah di sangrai, gula pasir , dan garam, kemudian sisihkan.
  
 Bahan Ronde, campurkan tepung ketan dan garam. Aduk-aduk hingga rata. Tuangkan air hangat sedikit demi sedikit dan diuleni sampai adonan kalis.
    Pisahkan adonan dalam tiga bagian. Satu bagian diwarnai merah, satu bagian diwarnai hijau, dan bagian terakhir biarkan putih. Aduk-aduk hingga rata masing-masing adonan agar warna merata.
    Ambil adonan ronde secukupnya. Pipihkan dengan tangan. Beri isi secukupnya. Bentuk adonan menjadi bulat sampai adonan habis.
    Masak air hingga mendidih. Masukkan bola Ronde yang sudah dibuat. Rebus hingga bola ronde mengapung. Seanjutnya angkat dan tiriskan bola ronde.

    Bahan wedang jahe : Campurkan air, gula pasir, jahe,daun pandan, dan serai rebus bahan tersebut dengan api kecil sampai mendidih dan keluar aroma harum.
    Cara menyajikan, masukan bahan isian ronde dan pelengkapnya kedalam mangkok, lalu tuangkan kuah ronde ke dalam mangkok, nikmati selagi panas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar