Perencanaan Dapur 2

Artikel ini untuk melengkapi artikel sebelumnya mengenai Perencanaan Dapur




C. Penerangan

Penerangan harus sebaik mungkin, baik yang alamiah maupun yang buatan. Pengarahannya pun harus tepat, sehingga permukaan tempat kerja menjadi terang tanpa ada bayangan. Perhatikan juga warna dinding dan langit-langit mana yang akan memantulkan cahaya dan mana yang akan mengabsorpsi cahaya.
Semua titik-titik steker harus dipasang di tempat yang sesuai, d luar jaga kauman anak-anak.

D. Permukaan

1. Dinding dari tegel, enamel atau cat.
Tegel tahan lama dan mudah membersihkannya. Kalau menggunakan cat , sebaiknya dipilih cat yang tidak berkilat untuk mengurangi kondensasi.
2. Lantai: tegel, semen, linoleum
Tegel harus yang kuat. Linoleum tahan lama kalau pemasangan dan pemeliharaannya cukup baik. Karet kurang cocok karena mudah menjadi licin kalau terkena air dan kurang tahan lama.
3. Langit-langit: cat.
4. Tempat bekerja: plastik yang dilaminasi, linoleum.
Plastik yang dilaminasi merupakan permukaan yang licin dan ada pelbagai macam variasi dan warna, juga disign. Cukup tahan lama, tapi mungkin masih termasuk mahal. Ada yang tahan api. Linoleum yang baik kualitasnya, cukup kuat dan mudah dibersihkan. Kalau memasang jangan terlalu banyak sambungan dan jangan sampai ada yang retak, supaya tak menahan kotoran yang dapat menjadi tempat berkembangnya insect (serangga).

Anda ingin mengetahui artikel selanjutnya mengenai perencanaan dapur, silahkan baca artikel berikut Perencanaan Dapur 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar